Niat Yang Lurus


Berikut adalah contoh teks pidato buatan saya 

Niat yang Lurus


Assalamualaikum wr.wb

Yang saya hormati Ibu Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Karawang
Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru
Yang saya sayangi teman-teman kelas IX dan adik-adikku kelas VII dan kelas VIII
           
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberi kita nikmat kesehatan badan dan nikmat umur panjang sehingga kita dapat hadir dalam acara yang mulia ini. Shalawat serta salam juga semoga senantiasa tercurah kepada tauladan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya ,para sahabatnya dan para pengikutnya hingga akhir zaman nanti . Amin
           
Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan hal tentang Niat .Pada dasarnya semua hal yang kita lakukan di dunia ini adalah berdasarkan niat .Apabila kita ingin melakukan suatu hal ,pasti di dahului dengan niat .Niat yang baik pasti akan menghasilkan perilaku yang baik ,begitupun sebaliknya .Oleh sebab itu setiap waktu kita harus merencanakan niat yang baik agar menghasilkan sesuatu yang baik pula .Mungkin adakalanya saat kita sudah merencanakn niat yang baik namun hal tersebut tidak tercapai maka jangan berkecil hati ,karena walaupun hanya niat di dalam hati untuk melaksanakan kebaikan tapi Allah SWT sudah mencatatnya sebagai pahala  .Contohnya saja kita niatkan ingin bangun di malam hari untuk melaksanakan sholat malam .Apabila kita tidak berhasil bangun untuk melaksanakannya itu bukan masalah, karena walaupun hanya sebuah niat yang kecil ,tapi Allah Maha Mengetahui hamba-Nya ,Allah telah mencatat pahala untuk kebaikan hati kita .Tapi itu bukan berarti di sengaja ,karena bagaimana pun juga Allah Maha Mengetahui . Rosulullah SAW bersabda yang artinya : ‘’Setiap perbuatan bergantung pada niatnya ,dan setiap orang akan memperoleh balasan sesuai dengan niatnya’’ (H.R. Bukhari dan Muslim) .
Karena segala perbuatan bergantung pada niat ,kita tidak boleh sembarang niat jika ingin berbuat ,apalagi beribadah .Misalnya kita ingin sholat kalau di lihat oleh seseorang atau ada alasan tertentu .Itu bisa di artikan sebgai Riya’ .Kita mungkin malah tidak akan mendapat pahala sama sekali walaupun kita sudah melakukan kebaikan itu ,karena memang dari awal kita salah niat .

Oleh sebab itu ,apabila kita berperilaku sehari-hari pusatkan niat kita hanya untuk mendapat keridhaan Allah ,minimal dengan membaca Basmalah setiap ingin melakukan aktivitas ,maka insya Allah semua aktivitas itu bernilai ibadah dan mendapat pahala dari Allah .
            Mungkin cukup sekian dari saya .Mudah-mudahan apa yang telah saya sampaikan tadi bisa bermanfaat khususnya bagi diri saya sendiri dan umumnya bagi hadirin sekalian .Mohon maaf apabila ada kekurangan .Akhir kata ,Wassalamualaikum wr.wb


Uswatun Khasanah Mardatilla . IX A

0 komentar:

Poskan Komentar


up